Sabtu, 31 Juli 2010

berenang

Berenang adalah suatu aktifitas olah raga air yang sangat menyenangkan. Namun ini berlaku bagi mereka-mereka yang bisa berenang. Sedang bagi orang-orang yang tidak bisa berenang ( seperti saya ) maka keberadaan air yang berada dalam kedalaman tertentu adalah merupakan ancaman, bahkan meskipun air tersebut dalam kondisi tenang sekalipun. Satu hal yang dikuatirkan adalah "tenggelam"

Ketidak mampuan berenang sehingga tidak dapat mengatasi air yang ada di sekitarnya menjadikan suatu kekuatiran yang berujung kepada ketakutan, namun hal ini menjadi sangat berbeda bagi mereka yang mampu berenang, mereka akan menjadikan wahana air sebagai suatu tempat yang menyenangkan.

Perenang yang handal bahkan akan mencari suatu tantangan tersendiri menuju ke alam bebas untuk mengasah ketrampilan berenangnya, mereka tidak hanya sekedar puas mampu berenang di kolam renang, maka laut dan sungai yang mempunyai gelombang mereka pilih sebagai tempat untuk menguji kemampuan mereka. Uji nyali dan itu sesuatu yang membangkan jika mereka mampu mengatasi.

Betapa berbedanya sudut pandang terhadap air dari seseorang yang tidak bisa berenang dan yang bisa berenang, satu sisi memandang air adalah hal yang menakutkan dan ancaman, namun disisi lain ada yang memandang sesuatu yang menyenangkan dan hal yang penuh tantangan,

Sikap internal mempunyai peranan penting di dalam memahami dan menyikapi akan apa yang sedang dihadapi. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa faktor external bukanlah satu-satunya penyebab terjadinya krisis dalam kehidupan.

Hidup mengandung banyak problematika yang beragam, dia ibarat gelombang yang setiap saat mampu menelan dan menenggelamkan keberadaan seseorang. Namun dengan berkaca dari prinsip berenang tadi, maka bagi mereka yang tangguh dan siap akan memandang gelombang kehidupan sebagai sesuatu tantangan dan bukan suatu ancaman.

Selamat berenang dalam kancaah kehidupan

Tidak ada komentar: