Sabtu, 02 Juni 2012

nami kula darti

Derek tepang..nami kulo Sudarti, orang biasa panggil Dar..kadang Darti, tapi yang kebangetan sering memanggil Dartun..kadang juga diplesetkan modar..duh kalo yg ini kadang saya ga terima meskipun terkesan gojegan atau guyon. ga empan papan..ga pada tempatnya. Lha modar itu kan artinya mati..lha wong saya masih hidup kok dibilang modar.

Tapi kata tetangga memang waktu si embok mau melahirkan saya dulu, mbok sampai mau meninggal, karena saya terlalu besar dan kalung usus. Sehari semalam saya ga mau keluar, padahal air ketuban simbok sudah dipecah sama dukun bayi, katanya untuk mancing agar saya mau keluar, namun nyatanya ga mau keluar juga. Kata simbok saya nduablek..terlalu kerasan di dalam perut. Akhirnya simbok manggil mbah dukun, setelah di doain dan disembur sama kumuran air yg disemburkan ke perut simbok, akhirnya saya lahir.

Ya saya Darti..biasa dipanggil Dar..atau Darti saja. Berasal dari desa kecil dan terpencil, tepatnya di desa Delingan Karanganyar, dekat waduk Delingan. jauh dari kota, dan jalannya masih berbatu2. Jika hujan, jalan menuju desa menjadi kubangan, karena banyak lobang, dan beceknya minta ampun. jadi kalo jenengan pengen tindak ke desa saya...wah mendingan jangan....saya ga tega melihat kaki jenengan belepotan lumpur. kaki jenengan itu alus2, ga seperti kaki saya, telapakannya saja "mekrok", dan mbesisik, Saya orang desa, ya biasa kalau kakinya mekrok..karena sering ke sawah nyeker....tidak hanya ke sawah, kemana2 juga nyeker, lebih enak gitu, lha kalo pake sendal sering jebat, jadinya bolak balik nyambung sendal..mending nyeker, ini pula yang bikin saya ga bisa pake sepatu, pasti sepatunya selalu jebol diujung. Ga seperti kaki jenengan yang alus2 dan putih..Ngapunten, bukan berarti saya menolak jenengan mengunjungi saya. Tapi saya ga tega jenengan jadi kotor.

Saya Darti, sekarang saya tidak lagi di desa, tapi tinggal di kota, di Solo. Saya derek ngawula di rumahnya ndoro Prasetya . Prasetya Hadi Admodjo..tapi ndoro Prasetya ga kersa dipanggil ndoro...maunya dipanggil Pak Pras...ndoro putri juga pengennya dipanggil bu Pras. Ndoro kung..eh Pak Pras, pensiunan tentara dan bu Pras pensiunan guru..saya taunya pak Pras dulu kerja jadi tentara. bawa bedil....itu yang saya lihat di foto2 yg ada di rumah bapak. tapi ibu bilang bapak itu Jendral Angkatan Laut. ..ooo mungkin pak Pras dulu itu pekerjaannya jadi tukang Jendral di tentara tapi di laut. Lha kalau tukang Jendral pekerjaannya apa ya? Apa juga nembak?

1 tahun saya ikut bapak dan ibu Pras, mereka berdua orang yang baik, meskipun kaya tapi ga sombong, tidak seperti yu Kenyik tetangga saya di desa. Amit2 jabang bayi..ojo turun anak putu..Gusti Allah kulo nyuwun ngapuro, tapi cangkeme Kenyik memang pantas disumpel gombal. Mentang2 bisa beli kalung 5 gram satu desa dipameri, kalo sekedar pamer kalung saja ga masalah, tapi pake acara menghina orang sampe bikin kuping gatel dan panas,
" Pakde...orang kerja itu mesti gemi..kalo dapat penghasilan ya disisihkan ...ditabung..jadi bisa beli perhiasan, bisa ketok kalo kerja, kerja seprono-seprene kok ga ada perubahan, katanya Dar ikut Cino...lha kalo ikut Cino biasane sugih...heh..mana buktinya..tetep aja kere, lha mending aku, meskipun jadi buruh bisa beli kalung"
Siapa yang ga panas ati...di depan bapak dan simbok dia menghina saya, rasanya pengen tak koplok cangkemmya yang suka ngurusi kehidupan orang. Dia kan ga tau, kalo duit hasil kerja saya selama ini saya gunakan untuk berobat simbok setiap bulan. Simbok sakit TBC dan pengobatannya harus rutin. Buat saya lebih baik ga pake perhiasan dari pada simbok mati. Lagian apa saya harus laporan ke dia kemana saja uang yang saya dapatkan. Memangnya dia siapa...Mikir yu Kenyik bawaannya jadi emosi,

" Darti......!!
" Inggih bu....," sebentar ya..saya dipanggil bu Pras, nanti kita lanjutkan

Tidak ada komentar: