Sabtu, 31 Juli 2010

tumor wajah

Tumor (berasal dari tumere bahasa Latin, yang berarti "bengkak"), merupakan salah satu dari lima karakteristik inflamasi. Namun, istilah ini sekarang digunakan untuk menggambarkan pertumbuhan jaringan biologis yang tidak normal. Pertumbuhannya dapat diogolongkan sebagai ganas (alignan) atau jinak (benign).

Tumor ganas disebut kanker. Kanker memiliki potensi untuk menyerang dan merusak tissue yang berdekatan dan menciptakan metastasis. Tumor jinak tidak menyerang tissue berdekatan dan tidak menyebarkan benih metastasis, tetapi dapat tumbuh secara lokal menjadi besar. Mereka biasanya tidak muncul kembali setelah penyingkiran melalui operasi.

Kanker adalah segolongan penyakit yang ditandai dengan pembelahan sel yang tidak terkendali dan kemampuan sel-sel tersebut untuk menyerang jaringan biologis lainnya, baik dengan pertumbuhan langsung di jaringan yang bersebelahan (invasi) atau dengan migrasi sel ke tempat yang jauh (metastasis). Pertumbuhan yang tidak terkendali tersebut disebabkan kerusakan DNA, menyebabkan mutasi di gen vital yang mengontrol pembelahan sel. Beberapa buah mutasi mungkin dibutuhkan untuk mengubah sel normal menjadi sel kanker. Mutasi-mutasi tersebut sering diakibatkan agen kimia maupun fisik yang disebut karsinogen. Mutasi dapat terjadi secara spontan (diperoleh) ataupun diwariskan (mutasi germline).Kanker dapat menyebabkan banyak gejala yang berbeda, bergantung pada lokasinya dan karakter dari keganasan dan apakah ada metastasis. Sebuah diagnosis yang menentukan biasanya membutuhkan pemeriksaan mikroskopik jaringan yang diperoleh dengan biopsi. Setelah didiagnosis, kanker biasanya dirawat dengan operasi, kemoterapi dan/atau radiasi.

Bila tak terawat, kebanyakan kanker menyebabkan kematian;

Dengan bahasa sederhana, kanker adalah sel normal yang berkembang tidak normal dan akhirnya berubah fungsi dari kondisi mula-mula, dan akibat ketidak normalan fungsi menjadikan perusak bagi tubuh dimana dia berada, yang pada akhirnya membawa kematian.

Tidak berjalan sesuai fungsinya ternyata membawa akibat yang fatal. Kita dilahirkan dan ditempatkan pada tatanan alam kosmos, kita adalah bagian dari alam kosmos, yang telah diciptakan untuk menjaga suatu keharmonisan dengan membawa fungsi masing-masing

Jika fungsi itu terabaikan, hidup kita tidak lah berbeda dengan sel kanker, menjadi si perusak.

Untuk itu memahami hakekat dari fungsi kita di jagad raya ini sangat penting. Apakah fungsi kita? sudahkah kita menjalankan fungsi itu dengan baik? Seberapa jauh harmoni yang kita ciptakan dengan keberadaan kita?

Selamat menjalankan hidup menjadi makhluk ciptaan Allah untuk keharmonian alam kosmos. GBU

Tidak ada komentar: